Friday, August 24, 2007

Sama dengan Raja

Salah satu kasus terkenal mengenai Time Twin (orang yang dilahirkan pada waktu bersamaan tetapi bukan saudara kandung) dialami oleh Samuel Hemming. Ia lahir pada hari dan waktu yang sama dengan George II, yakni 4 Juni 1738.

Sang rakyat jelata dan raja memiliki wajah yang sangat mirip. Hidup mereka pun berjalan mengikuti garis yang mirip pula, walaupun tentu saja tingkatnya berbeda. Hemming mulai menjadi tukang besi pada hari George naik takhta.

Keduanya menikah pada tanggal 8 September 1761. Mereka memiliki jumlah anak laki-laki dan perempuan yang sama. Mereka jatuh sakit dan mengalami kecelakaan pada waktu yang bersamaan dan keduanya meninggal pada hari yang sama (19 Januari 1820) karena sebab yang sama.

George IV juga memiliki orang yang bak pinang dibelah dua dengannya. Time twin-nya itu lahir pada jam yang sama dengan dirinya. Cuma saja, kembarannya itu hanyalah pembersih cerobong yang dianggap rendah kastanya. Namun soal perilaku berjudi, merayu perempuan, dan berfoya-foya mirip dengan sang Raja. Keduanya juga tergila-gila pada pacuan; sang Raja memacu kuda, si pembersih cerobong asap memacu keledai. Ketika pangeran disepak kuda, hari yang sama si pembersih cerobong disepak keledai. Keduanya memerlukan waktu yang sama untuk pulih dan ketika pangeran bangkrut, begitu pula si pembersih cerobong asap.

Kebetulan di atas merupakan salah satu dari 136 kebetulan yang tertuang dalam buku 136 Incredible Coincidens (136 Kebetulan yang Menakjubkan) terbitan PT Intisari Mediatama. Buku seharga Rp 25.000,- ini dapat menjadi hiburan yang menyenangkan bagi keluarga Anda. Silakan diperoleh di toko-toko buku Gramedia.

No comments: